5 Kabar Penting dari WWDC Apple 2019! Dari OS Baru Sampai Hardware Baru

Senin, 10 Juni 2019 | 14:44

Bagi yang sempat menyaksikan gelaran WWDC (World Wide Developer Conference) tahun 2019, berikut adalah ringkasan dari 5 kabar penting dari pagelaran awal tahun dari Apple ini.

iPadOS

Yang pertama adalah kehadiran sistem operasi baru dari keluarga Apple, selain MacOS dan iOS. Yaitu iPadOS. Sesuai namanya, iPadOS adalah sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat iPad generasi terbaru. iPadOS menawarkan fitur multitasking sebenarnya yang lebih lengkap dibanding sebelumnya. Yang paling mengejutkan, iPadOS ini sudah mulai bisa membaca dan menulis di USB Flashdisk.

iTunes Resmi Dibunuh

Secara resmi Apple melalui WWDC 2019 mengumumkan akan menghentikan pengembangan dari iTunes di Mac dan Windows. MacOS versi terbaru nanti akan hadir dengan aplikasi yang akan menggantikan fitur iTunes,yaitu  Music, Podcasts dan Apple TV. 

MacOS 10.15 Catalina

Nama OS terbaru dari Apple untuk platform Mac diberi nama Catalina. Dalam macOS Catalina ini selain membunuh dan menghilangan iTunes, Apple akan memasukkan aplikasi Apple Music, Apple Podcast dan Apple TV secara default. Kemudian macOS Catalina juga menambahkan fitur Find My Mac (seperti halnya find my iphone) dan fitur Voice Control.

Yang cukup menarik, bagi pengguna macOS Catalina yang mempunyai iPad, kini bisa menggunakan iPadnya sebagai layar kedua! Nama fiturnya “Sidecar“.

Mac Pro Generasi Terbaru

Tidak seperti biasanya, Apple WWDC tahun ini tidak hanya memberikan update seputar pengembangan software Apple, tapi juga mengumumkan rilis hardware baru yaitu Mac Pro generasi terbaru. Mac Pro 2019 ini akan menggantikan generasi Mac Pro sebelumnya yang terkenal karena bentuknya yang mirip tempat sampah (trash-can).

Spesifikasinya ngeri. Prosesor bisa dirangkai sampai dengan 28-core Intel Xeon! RAM sampai dengan 768 GB (6 keping RAM 128GB). Kemudian storage SSD sampai dengan 4TB.

Harganya juga gila. 

Aplikasi Native di Apple Watch

Ya, generasi terbaru dari Apple Watch nanti akan mempunyai aplikasi native untuk platform WatchOS ini. Tidak lagi memperlukan koneksi dan interaksi khusus dengan iPhone. Diharapkan dengan fitur baru di watchOS ini, para developer nanti akan menambah jumlah aplikasi di watchOS.

© 2014 Unit Pelaksana Teknis TIK. All rights reserved.
LOGIN | SITEMAP