5 Teknologi Baru dari Acara Google I/O 2019

Kamis, 9 Mei 2019 | 07:59

Tiap tahun Google menyelenggarakan event I/O, sebuah event peluncuran produk-produk baru dan seminar-seminar terkait software baru yang dikembangkan Google. Pada event I/O tahun ini, Google juga kembali meluncurkan produk dan fitur baru yang sangat canggih, bisa dibilang mengungguli beberapa pesaingnya seperti Apple dan Microsoft.

Berikut adalah 5 teknologi baru yang diluncurkan di Google I/O 2019!

1. Next Generation Assistant

Fitur Google Assistant yang sudah bisa kita pakai di hape Android kita ternyata mulai tahun ini akan diperkaya dengan fitur-fitur baru yang lebih canggih. Google Assistant ini akan bertumpu pada kemampuan machine learning dan artificial inteligent yang tersedia di gadget yang kita pakai tanpa butuh koneksi Internet (beda dengan Assistant sekarang). Dengan berjalan di gadget yang kita pegang tanpa keluar ke server/internet, kecepatan Google Assistant akan berjalan 10 kali lebih cepat dalam menjawab pertanyaan yang masuk.

2. Google Search dengan Kemampuan Lens dan Augmented Reality

Mulai tahun ini, Google Search, baik versi web di google.com ataupun versi aplikasi Android akan menerima update fitur luar biasa yaitu dimasukkannya Google Lens ke Google Search secara native. Selain mencari sesuatu menggunakan command lewat Google Assitant, kita juga bisa menggunakan kamera hape (atau laptop) untuk mencari informasi dari benda yang kita foto.

Apa saja bendanya? macam-macam, dari mulai Papan Pengumuman, Spanduk, Nota/Struk, bahkan gambar anatomi tubuh sekalipun. Khusus untuk beberapa informasi bahkan Google bisa menampilkannya secara realtime dalam mode Augmented Reality di lingkungan kita. Misal, kita mencari informasi tentang anatomi otot manusia. Dengan sekejap ada link hasil pencarian Google Search dengan icon AR yang bisa kita sentuh dan bisa kita nikmati animasi ARnya segera.

Google Search juga mulai tahun ini juga akan mengindeks dan menampilkan pencarian Podcast dan fitur Full Coverage dari suatu event atau informasi terbaru. 

3. Project Euphonia

Project Euphonia adalah salah satu project internal dari tim Google yang menyediakan kemampuan interaksi mesin dengan orang Difabel, dari mulai yang memiliki disabilitas suara dan lumpuh total. Dalam contoh demonya, Project Euphonia mendemonstrasikan kemampuan teknologi untuk mengenali percakapan oleh penyintas Stroke yang sangat kesulitan berbicara. Kemudian juga didemonstrasikan teknologi interaksi dari orang yang lumpuh total dengan mesin dan lingkungan sekitar, tidak lagi dengan teknologi keyboard virtual dengan sensor gerak mata.

4. Android Q

Seperti pada umumnya acara Google I/O, Google selalu meluncurkan versi Android terbaru disini. Tahun ini Google meluncurkan Android versi 10 ‘Q’ dengan codename yang belum ditentukan.  Diantara fitur utama dari Android Q ini antara lain:

  • Dark mode secara native, disemua tampilan dan aplikasi,
  • Gesture baru, dari bawah, dari samping,
  • Dukungan teknologi jaringan 5G,
  • Fitur ‘Focus Mode’ yang akan menandai aplikasi produktivitas dan membatasi akses aplikasi hiburan (youtube, game dll)
  • Fitur Parental Control terlengkap dengan allow/disallow instal aplikasi, metrik/monitoring penggunaan aplikasi, jam pemakaian hape dll

5. Teknologi Live Captions dan Live Relay

Live Captions adalah teknologi terbaru dari Google yang melakukan parsing pembicaraan telepon, video maupun output lain dari hape yang kita pegang menjadi Caption (tulisan seperti subtitle). Dengan demikian, kita bisa mendapatkan subtitle dari Video yang kita putar, youtube yang kita putar, percakapan telepon/video call yang kita lakukan dll.

Teknologi ini juga bisa membantu pengguna tunarungu, bahkan bisa dikombinasikan dengan teknologi hasil dari Project Euphonia.

© 2014 Unit Pelaksana Teknis TIK. All rights reserved.
LOGIN | SITEMAP