Instalasi Database MongoDB

Jumat, 30 Desember 2011 | 01:43

Pendahuluan

Tutorial singkat ini akan membahas instalasi database MongoDB untuk bahasa PHP pada berbagai sistem operasi, seperti *NIX, Windows, Linux dan lainnya. Untuk dapat mengikuti tutorial ini, selayaknya anda harus mengenal apa itu PHP dan apa itu MongoDB. Semua ekstension MongoDB untuk PHP dapat anda ikuti pengembangannya dan dapat anda unduh dari:
http://github.com/mongodb/ dan http://github.com/mongodb/mongo-php-driver/downloads

Instalasi MongoDB di *NIX/Linux dengan PECL

Instalasi mongodb pada sistem *NIX dapat dilakukan via bundle PECL untuk PHP, cukup jalankan pecl untuk menginstallnya dengan perintah: sudo pecl install mongo

Khusus untuk distribusi Linux, anda bisa gunakan installer masing-masing, bisa apt-get, urpmi, yum, atau RPM saja. NB. Pastikan repository Linux anda terkoneksi dan terdapat paket MongoDB!

Pengaktifan module MongoDB di PHP dapat dilakukan dengan menulisextension=mongo.so pada file PHP.ini anda.

Instalasi MongoDB di Mac OS X dengan PECL

Instalasi MongoDB disini menggunakan PECL dari paket XAMPP (MAMP) yang terpasang pada sistem Mac OS X. Untuk menginstal mongodb, cukup dengan perintahsudo /Applications/XAMPP/xamppfiles/bin/pecl install mongo

Instalasi MongoDB di Windows

Terlebih dulu anda harus memilih file ekstension PHP yang sesuai dengan versi PHP yang anda pakai, dari sini:

Unduh salah satu yang sesuai, ekstrak ke direktori ekstension PHP dan ubah PHP.ini sehingga extension=php_mongo.dll aktif.

© 2014 Unit Pelaksana Teknis TIK. All rights reserved.
LOGIN | SITEMAP