Taukah Kamu? 3 Fitur Instagram untuk Kenyamanan Pengguna

Rabu, 9 Januari 2019 | 10:52

Igers, tahukah kamu? Indonesia termasuk dalam 5 besar pengguna Instagram terbanyak di dunia versi The Next Web (2018) yaitu sekitar 56 Juta (data April 2018) dan tentunya akan terus bertambah sesuai kemajuan media informasi seperti saat ini. Jumlah yang sangat fantastis tentunya. Tapi, seiring bertambahnya jumlah pemakai tersebut tentu menimbulkan beberapa dampak negatif pula bagi para pengguna aktifnya. Salah satu hal yang sering mendapat perhatian adalah komentar warganet. Tak jarang untuk kalangan tertentu pengguna instagram sering sekali mendapati komentar pedas dan bahkan sampai membawa perasaan terlalu dalam. 

Berikut adalah 3 fitur pada instagram untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna

      Anti Bullying Filter
  Untuk memastikan para pengguna mendapatkan interaksi yang nyaman dan aman melalui instagram. Instagram telah meluncurkan fitur penyaring komentar bullying (anti-bullying filter) yang secara otomatis menghilangkan komentar bersifat melecehkan atau membuat pengguna nggak nyaman.
Helena Lersch, Head of Public Policy, Instagram Asia-Pacific di acara Instagram #SafetyonInstagram di Go Work pernah menyampaikan, bahwa fitur baru ini akan menyaring komentar yang berisi serangan atas penampilan atau karakter seseorang, serta ancaman terhadap kesejahteraan hidup atau kesehatan seseorang. Filter anti-bullying ini terpasang secara otomatis bagi pengguna Instagram di seluruh dunia.Fitur ini dapat diatur melalui pilihan Comment Controls. Jika ada pengguna ‘nakal’ yang terus mengirimkan pesan bersifat bullying, filter ini akan mengirimkan laporan kepada Instagram untuk ditindaklanjuti.
     Fitur Offensive Comments Filter
  Instagram juga memperkenalkan filter komentar mengganggu yang secara otomatis menyembunyikan komentar yang menimbulkan provokasi. Selain itu terdapat juga filter komentar berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna (Keyword Comments Filter)

bisa pula menambahkan beberapa kata yang tidak layak masuk pada kolom komentar melalui menu “Manual Filter” 

      Sensitive Content Screens
  Instagram juga memiliki Sensitive Content Screens yang menampilkan layar buram pada foto atau video yang mengandung konten sensitif saat kita melihat feed atau mengunjungi profil seseorang.

Dengan demikian, tentunya pengguna dapat merasa lebih nyaman, terlebih ada pengguna yang masih belum cukup umur yang luput dari pengawasan.

© 2014 Unit Pelaksana Teknis TIK. All rights reserved.
LOGIN | SITEMAP