Bantuan

Berikut ini adalah kumpulan pertanyaan yang berkaitan Universitas Negeri Semarang

  1. Apakah BAKK itu?
    BAAKK adalah singkatan dari Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama. BAKK terdiri dari 3 bagian, bagian Akademik, bagian Kemahasiswaan dan bagian Kerja sama.
  2. Dimanakah letak kantor BAKK?
    Rektorat Unnes Gedung H lantai 1 sayap kanan (Bagian Pendidikan), Gedung H Lantai 1 Lobi (Bagian Kemahasiswaan) dan Gedung H Lantai 2 sayap kiri (Bagian Kerja sama)
  3. Bagaimanakah aturan penamaan domain unnes.ac.id?
    Penamaan subdomain unnes.ac.id mengikuti standar ICANN (lihat http://www.icann.org/en/help/dndr/udrp/rules ), tidak melanggar norma dan tata perundangan di Indonesia, tidak boleh mengandung unsur-unsur SARA dan menyinggung warga Universitas Negeri Semarang. Penamaan diusahakan dengan nama yang singkat, spesifik, mencerminkan isi website/sistem, namun mudah dingat.
  4. Apakah LP2M itu?
    LP2M adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  5. Dimanakan letak kantor LP2M?
    Gedung G Kampus Unnes Sekaran Lantai 1 (bawah Perpustakaan)
  6. Dimanakah letak kantor satgas KKN?
    Gedung G Kampus Unnes Sekaran Lantai 1 (bawah Perpustakaan)
  7. Apakah UPT TIK itu?
    UPT TIK adalah Badan Pengembang Teknologi dan Informasi yang dulu bernama UPT PTIK, sebelumnya bernama Puskom
  8. Dimanakah letak UPT TIK?
    Gedung IT Kompleks Rektorat kampus Sekaran, Gunungpati
  1. Bagaimana cara memesan subdomain unnes.ac.id?
    Pemesanan subdomain dilakukan dengan mengirimkan surat resmi permohonan nama subdomain unnes.ac.id yang berisi nama subdomain, deskripsi website/sistem, nama penanggungjawab teknis, alamat email penanggungjawab teknis dan nomor telepon penanggungjawab teknis kepada Ketua UPT TIK Unnes.
    Penanggungjawab teknis akan dihubungi lebih lanjut oleh Tim Pengelola Hosting & Subdomain untuk serah terima pengelolaan subdomain.
  2. Siapakah yang berhak atas subdomain?
    Yang berhak mengajukan subdomain adalah Lembaga, Biro, Badan, atau Unit (Fakultas, Jurusan, Prodi) serta laboratorium/pusat studi, lembaga kemahasiswaan (baik eksekutif maupun legislatif) otonom maupun semi-otonom yang diakui keberadaannya, yang berada di lingkungan Universitas Negeri Semarang.
  3. Bagaimanakah aturan penamaan domain unnes.ac.id?
    Penamaan subdomain unnes.ac.id mengikuti standar ICANN (lihat http://www.icann.org/en/help/dndr/udrp/rules ), tidak melanggar norma dan tata perundangan di Indonesia, tidak boleh mengandung unsur-unsur SARA dan menyinggung warga Universitas Negeri Semarang. Penamaan diusahakan dengan nama yang singkat, spesifik, mencerminkan isi website/sistem, namun mudah dingat.
  1. Apakah KRS itu?
    KRS adalah kartu rencana studi yang berisi mengenai mata kuliah yg diambil dalam suatu semester. Pengambilan mata kuliah dalam KRS merupakan hal mutlak yg harus dilakukan mahasiswa di awal semester agar Nilai dapat masuk ke dalam Transkrip Nilai
  2. Kapan waktu pengisian KRS?
    Jadwal pengisian KRS ditentukan oleh Bagian Akademik BAAKK dengan persetujuan oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dalam kalender Akademik.
  3. Bagaimana kalau saya tidak memesan KRS?
    Jadwal pemesanan Mata Kuliah diatur sesuai dengan jadwal yg telah ditentukan. Apabila terlambat/tidak pesan maka akan diberikan kesempatan pada pengisian KRS tahap 2.
  4. Bagaimana jika pengisian KRS yang dipandu aturan jurusan/prodi ternyata tumbuk?
    Pembagian jadwal baik ruangan, dosen pengampu, maupun waktu perkuliahan sepenuhnya wewenang jurusan/prodi, segera hubungi pihak jurusan untuk mengatur permasalahan tersebut.
  5. Bagaimana jika saya keliru mengisi KRS dan telah melampaui masa isi KRS?
    Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah yang diinginkan pada tahun atau semester selanjutnya.
  6. Bagaimana kalau saya lupa isi KRS?
    KRS adalah hal wajib yang dimiliki mahasiswa yang kan kuliah, jika anda tidak punya KRs maka status anda akan otomatis menjadi mahasiswa mangkir kuliah
  7. Bagaimana kalau jumlah peserta dalam suatu rombel telah penuh?
    Silakan menghubungi tim jadwal fakultas/Jurusan untuk konsultasi penambahan kelas.
  1. Bagaimana jika nama saya tidak tertera di presensi perkuliahan?
    Apabila anda mengambil mata kuliah tersebut pada saat mendekati masa berakhirnya pengisian KRS maka permasalahan ini disebabkan karena operator di fakultas telah mencetak presensi perkuliahan sebelum anda mengisi KRS.
  2. Apakah saya berhak mengikuti perkuliahan jika nama saya tidak tertera di presensi perkuliahan?
    Mahasiswa berhak mengikuti perkuliahan apabila memiliki bukti yang SAH yang menyatakan anda mengambil mata kuliah pada rombel yang dimaksud, hal ini bisa dilihat melalui menu mahasiswa di Sikadu.
  3. Apakah saya bisa tahu hasil presensi saya di sikadu?
    Bisa, hasil presensi di sikadu bisa dilihat dalam menu Mahasiswa sub menu jadwal kuliah. Pada kolom paling kanan ada persetase kehadiran.
  1. Bisakah saya mengambil MKU di semua tempat?
    MKU bisa diambil di semua tempat sepanjang jangkauannya (kampus) masih dalam jarak yang wajar dan terjangkau.
  2. Bisakah MKU saya tinggalkan pada semester ini untuk mengejar ketinggalan kuliah saya?
    MKU keluar setiap semester, hanya perhatikan untuk memesan sebelumnya mengingat kapasitas yang akan dibuka dan keketatan mahasiswa lain dalam mengambil MKU.
  1. Apakah KKN itu?
    Kuliah Kerja Nyata. Kegiatan Intrakurikuler yg memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi yg dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu.
  2. Bagaimana cara mendaftar KKN?
    Pendaftaran KKN dilakukan secara online dengan mengakses laman kkn.unnes.ac.id untuk melakukan pemesanan KKN. Apabila telah sukses melakukan pendaftaran online maka secara otomatis akan ada tagihan pembayaran bagi peserta KKN di bank yg telah ditunjuk dan mahasiswa dapat langsung membayar untuk dapat mengikuti program KKN.
  3. Apakah yang dimaksud dengan satgas KKN?
    Pusat layanan untuk memberikan bantuan informasi kepada peserta KKN yang mengalami kesulitan dalam segala hal berkaitan dengan penyelenggaraan KKN.
  1. Apakah PPL itu?
    Praktik Pengalaman Lapangan. Merupakan kegiatan kurikulum yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan di lapangan sebagai latihan menerapkan teori yg diperoleh dalam semester-semester sebelumnya di kelas sesuai dengan persyaratan yg telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah mitra atau tempat latihan lain.
  2. Bagaimana cara mendaftar PPL?
    Pendaftaran PPL dilakukan dengan mengakses laman ppl.unnes.ac.id dan melakukan pemesanan PPL secara online. Apabila telah sukses melakukan pendaftaran online maka secara otomatis akan ada tagihan pembayaran bagi peserta KKN di bank yg telah ditunjuk dan mahasiswa dapat langsung membayar untuk dapat mengikuti program PPL.
  3. Dimanakah bisa mengurus masalah PPL?
    Silakan hubungi petugas PPL di Gedung Rektorat Lt 1 untuk mengetahui lebih lanjut penanganan masalahnya.
  4. Mengapa data mahasiswa bimbingan tidak muncul di halaman pembimbing?
    Hal ini dikarenakan sekolah yang diampu statusnya disembunyikan oleh petugas PPL, silakan konfirmasikan ke petugas PPL di Gedung Rektorat Lt 1.
  1. Bagaimana cara mengurus nilai K?
    Silakan hubungi dosen pengampu mata kuliah untuk menanyakan secara lebih rinci mengenai penyebabnya. Nilai K secara otomatis akan berubah menjadi E apabila dalam waktu 1(satu) bulan sejak Yudisium
  2. Bagaimana cara mengurus nilai E?
    Ada beberapa penyebab nilai menjadi E. Pertama, karena presensi kehadiran kuliah kurang dari 75% sehingga anda memang tidak layak mendapatkan nilai lulus. Kedua, karena nilai akhir yg dimasukkan oleh dosen memang memberikan nilai E. Ketiga, karena nilai K yang secara otomatis berubah menjadi E setelah jangka waktu yg telah ditetapkan sesudah yudisium.
  1. Mengapa saya tidak bisa login di sikadu?
    Akun yang tidak dapat login ke sikadu dikarenakan beberapa penyebab, diantaranya akun yang dinonaktifkan karena user dan passwordnya sama, ada pelanggaran/aktifitas yang menyebabkan KTM ditahan oleh security, ada pelanggaran yang berkaitan dengan kriminalitas, ada kasus penggantian password oleh pihak lain (teman/pacar/dll).
  2. Mengapa akun di sikadu saya tidak aktif?
    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab, untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi helpdesk UPT TIK Gd. IT Unnes.
  3. Bagaimana cara mengubah data diri saya dalam sikadu?
    Mahasiswa ybs bisa menggunakan layanan My Unnes untuk melakukan pengubahan biodata dirinya. Pengubahan data diri dapat dilakukan maksimal 1 x dalam seminggu.
  4. Bagaimana jika saya lupa akun (username/password) sikadu?
    Mahasiswa yang bersangkutan langsung datang ke UPT TIK Gd IT menghubungi heldesk IT dengan membawa KTM, akan dibantu untuk reset ulang password
  5. Bagaimana cara memesan email dalam domain unnes.ac.id?
    Mengirimkan pesan melalu website UPT TIK atau ke email bptik@unnes.ac.id dengan judul: Permohonan Email Unnes dengan menyebutkan nama, NIP/NRP, sertakan username yang diinginkan. Bagi mahasiswa dapat mengoptimalkan layanan email students.unnes.ac.id
  1. Bagaimana mengisikan nilai Komprehensip/Seminar Skripsi?
    Pengisian nilai ini dapat dilakukan oleh operator di jurusan masing-masing selama mata kuliah tersebut diambil pada semester aktif.
  2. Mengapa nilai skripsi saya tidak bisa diinput?
    Hal ini dimungkinkan karena mahasiswa belum mengambil mata kuliah skripsi pada semester lalu atau mata kuliah skripsi sudah kadaluarsa (lebih dari 1 tahun).
  3. Mengapa nilai skripsi tidak bisa keluar di sikadu?
    Karena anda belum dinyatakan lulus atau dengan kata lain, operator jurusan belum melakukan validasi akhir skripsi setelah mahasiswa yang bersangkutan mengupload semua file skripsi.
  4. Apakah riwayat bimbingan yang telah terlaksana secara manual dapat ditambahkan ke sistem?
    Hal ini sudah tidak difasilitasi lagi dikarenakan sistem sudah berjalan.
  5. Bagaimana kalau bimbingan saya kurang dari 8 kali di siskripsi?
    Bimbingan harus memenuhi minimal 8 kali untuk tiap dosen pembimbing.
  6. Apakah tanggal pelaksanaan bimbingan skripsi dapat diubah?
    Tanggal pelaksanaan dapat diubah minimal 3 hari sebelum hari ini, hal ini dapat dilakukan oleh dosen pembimbing selama mahasiswa belum mengajukan rencana bimbingan yang selanjutnya.
  7. Tanggal apa yang dijadikan tanggal kelulusan mahasiswa?
    Tanggal kelulusan mahasiswa ada 2 macam, apabila hasil ujian skripsi mahasiswa dinyatakan diterima tanpa revisi maka tanggal lulusnya adalah tanggal ujian, tapi jika mahasiswa dinyatakan diterima dengan revisi maka tanggal lulusnya adalah tanggal selesainya revisi, selesai revisi ini ditandai dosen pembimbing 1 mengklik tombol “Selesai Revisi”.
  8. Bagaimana jika muncul tulisan “SK Dekan Belum Dicetak” dalam siskripsi?
    Mahasiswa yang bersangkutan bisa langsung datang ke UPT TIK Gd IT dengan membawa SK Dekan cetakan asli.
  9. Bagaimana cara mengubah judul skripsi?
    Pengubahan judul skripsi dapat dilakukan oleh mahasiswa dan operator fakultas. Mahasiswa yang belum dinyatakan lulus dapat mengubah judul skripsinya melalui menu Peralatan submenu Identitas tombol Ubah Judul. operator fakultas juga dapat melakukan pengubahan judul skripsi setelah mahasiswa dinyatakan lulus.
  10. Apa sajakah yang perlu diunggah setelah selesai penulisan skripsi?
    Setelah penulisan skripsi selesai dilakukan mahasiswa diwajibkan mengunggah file-file skripsinya diantara lain abstrak, isi, dan artikel skripsi.
  1. Mengapa saya tidak bisa mendaftar wisuda online?
    Hal ini disebabkan mahasiswa belum melakukan pencetakan SBVT dan/atau mahasiswa belum menyelesaikan administrasi akademik semester lalu.
  1. Bagaimana mendaftarkan diri menjadi anggota alumni unnes?
    Alumni bisa langsung registrasi Ikatan Almuni (IKA) di portal http://alumni.unnes.ac.id dengan mengisi form pendaftaran yang telah tersedia. kemudian langsung menghubungi admin IKA di masing-masing jurusan di alamat email: ika_unnes@unnes.ac.id.
  1. Apakah Elena itu?
    Elena adalah situs pemberlajaran berbasis elektronik (e-learning).
  2. Siapa saja yang berhak menggunakan Elena?
    Elena diperuntukkan bagi dosen dan mahasiswa aktif Unnes, atau pihak lain yang diijinkan dan berberkepentingan.
  3. Bagaimana saya bisa login ke Elena?
    Login elena telah terintegrasi dengan akun Sikadu, jadi silahkan menggunakan username dan password Sikadu untuk login ke Elena.

© 2014 Unit Pelaksana Teknis TIK. All rights reserved.
LOGIN | SITEMAP