Sertifikasi Literasi Digital untuk Tendik UNNES

Selasa, 17 April 2018 | 10:27

UPT TIK melalui program kerja tahunan telah menyelenggarakan kegiatan sertifikasi literasi digital bagi tenaga kependidikan di lingkungan UNNES. tenaga kependidikan terpilih dalam hal terdiri dari 3 Kepala Biro, Kabag, dan Kasubbag dari masing-masing unit kerja yang ada di UNNES. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan bagi tenaga kependidikan Universitas Negeri Semarang agar dapat mengenali jenis informasi yang diperlukan, sumber-sumber informasi elektronik, strategi penelusuran sumber-sumber informasi digital, serta evaluasi informasi agar mampu memfilter mana yang baik dan mana yang buruk dari dunia digital.

Kegiatan dilaksanakan 2 hari penuh, 16-17 April 2018. Setelah dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, peserta dituntut untuk mengerjakan soal pre-test, di mana pre-test ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penggunaan IT bagi tendik di UNNES. beberapa kelengkapan yang harus dipersiapkan peserta sebelumnya, antara lain adalah akun karyawan yang digunakan untuk login laman elena.unnes.ac.id, gawai dan laptop yang terhubung internet. Setelah kegiatan pre-test, peserta wajib mengikuti serangkaian kegiatan sertifikasi literasi digital.

Materi pertama tentang dasar literasi digital, langsung diisi oleh Kepala UPT TIK, Mona Subagja. Disusul narasumebr kedua yang memberikan materi menegnai hardware komputer, Dinar Diaz. Materi ketiga mengenai dasar-dasar office oleh Rochsid THP, dan ditutup oleh materi terakhir di hari pertama mengenai email dan aplikasi di UNNES oleh Akhmad Munawar.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sertifikasi literasi digital, kemampuan literasi tendik UNNES dapat terus ditingkatkan.

© 2014 Unit Pelaksana Teknis TIK. All rights reserved.
LOGIN | SITEMAP