UPT TIK Gandeng Turnitin Indonesia untuk Antisipasi Plagiasi di UNNES

Selasa, 6 Maret 2018 | 11:08

Belakangan ini, kasus plagiasi di kalangan akademisi makin marak. Bahkan tak jarang si plagiat adalah seorang dosen dari kampus ternama. Mengantisipasi hal tersebut UNNES mendatangkan pakar anti plagiasi dari IGroups, perusahaan web turnitin.com yaitu sebuah website yang menyediakan layanan untuk melakukan kalkulasi dan menghasilkan persentasi terhadap tingkat plagiasi dalam suatu karya ilmiah. Cara kerja nya cukup sederhana, akademisi hanya memerlukan file karya ilmiah dengan tipe pdf atau word dan koneksi intenet. Pengecekan yang dilakukan turnitin berdasarkan tiga sumber yaitu Internet source, publication, dan student paper database yang dimiliki turnitin. 

UNNES sendiri telah menjalin kontrak berlangganan dengan turnitin sejak Januari 2018 sampai Januari 2019, dan akan terus diperpanjang seiring kebutuhan yang diusulkan fakultas. Kegiatan Sosialisasi telah dilaksanakan pada hari Jumat, 2 Maret 2018 di Ruang 405 Rektorat. Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Rustono tersebut, mendapat antusiasme tinggi dari para tamu undangan yang terdiri dari WD 1, Dosen, dan admin akademik masing-masing fakultas dan Pascasarjana. Ibu Ririana, selaku narasumber dari turnitin pun menjelaskan secara rinci detail aplikasi yang kelak akan digunakan sebagai acuan untuk penghitungan tingkat plagiasi di UNNES. Namun turnitin ini sendiri bukanlah aplikasi yang dapat memutuskan sebuah karya ilmiah tergolong dalam karya ilmiah plagiasi atau bukan, karena disini turnitin hanya melakukan originality check dan memberikan presntase tingkat kesamaan lengkap beserta sumber yang disalin.

Aplikasi turnitin itu sendiri dibagi dalam tiga versi user dengan previlages berbeda. Admin, yang dipegang langsung oleh Kepala UPT TIK, Instructor (dosen) dan Student (Mahasiswa). Ke depan, masing-masing admin fakultas akan dilatih sebagai PIC utama di fakultas yang diampu. Diharapkan, tim fakultas juga akan berkontribusi secara aktif ke UPT TIK. Sehingga kualitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa di UNNES dapat terus ditingkatkan.

© 2014 Unit Pelaksana Teknis TIK. All rights reserved.
LOGIN | SITEMAP