UPT TIK Unnes berkunjung ke UPT PUKSI Unsyiah

Senin, 19 Oktober 2015 | 08:53

Menindaklanjuti hasil kunjungan kerja Pimpinan Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada minggu ketiga bulan Januari yang lalu, pada hari Kamis kemarin (11/2) rombongan dari UPT. TIK Unnes berkunjung ke UPT. PUKSI Unsyiah dalam rangka bertukar pengalaman dan berbagi informasi mengenai teknis IT dalam mendukung pencapaian akreditasi institusi. Rombongan dipimpin oleh Kepala UPT. TIK Unnes, Prof. Dr. Supriyadi, M.Si dan berdiskusi selama 4 jam dengan tim teknis UPT. PUKSI Unsyiah yang dipimpin langsung oleh Kepala UPT. PUKSI, Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech.

“Kunjungan kami ke Unsyiah untuk berdiskusi dan berbagi tentang pengalaman dan keberhasilan tim TIK Unsyiah membangun Sistem Informasi yang terintegrasi”, ujar Prof. Supriyadi. Rombongan tim TIK Unnes berjumlah 8 orang yang terdiri dari para staff dan koordinator divisi di UPT. TIK. Tim TIK Unnes juga sempat berkunjung ke UPT. Perpustakaan untuk melihat sistem perpustakaan digital yang telah berjalan dengan baik di Unsyiah.

Salah satu fokus diskusi yang berjalan dengan santai namun serius adalah strategi pengembangan aplikasi Portal Data Unsyiah yang berhasil mengintegrasikan sejumlah database dan menampilkan data yang menarik dalam bentuk tabular dan grafik. “Unnes juga memiliki portal data seperti yang dikembangkan Unsyiah namun belum semenarik keluaran yang dihasilkan oleh portal data Unsyiah. Hasil diskusi ini memberi inspirasi bagi kami untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan disini”, ujar Prof. Supriayadi.

Strategi penerapan Aplikasi Paperless Office dan Faculty & Staff Dashboard (FSD) juga menjadi diskusi yang hangat. Tim Unnes juga ingin mengetahui bagaimana Tim TIK Unsyiah bisa menghasilkan aplikasi yang sukses dalam implementasinya yang sangat aktif digunakan oleh sivitas akademika sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang kaya output. Menanggapi hal tersebut Dr. Taufik menyampaikan bahwa keberhasilan tersebut tak lain karena dukungan penuh dari Rektor dan partisipasi aktif dosen, staf dan mahasiswa Universitas Syiah Kuala.

Dalam kesempatan tersebut, tim TIK Unnes turut mendemokan aplikasi Sistem Informasi Keuangan (Simkeu) yang telah berjalan dan diterapkan dengan baik di Unnes. Simkeu tersebut terintegrasi dengan proses perencanaan dan realisasi anggaran, termasuk pembayaran honor dan gaji yang terintegrasi dengan bank.

© 2014 Unit Pelaksana Teknis TIK. All rights reserved.
LOGIN | SITEMAP