(024) 8508083

UPT TIK
Universitas Negeri Semarang
6 September 2019

UPT TIK Hadiri Google Cloud Summit 2019 Jakarta

UPT TIK UNNES berkesempatan hadir dalam pagelaran Google Cloud Summit 2019 Jakarta yang diselenggarakan tanggal 5 September 2019 kemarin di JIEXPO Theatre Kemayoran. Acara yang digagas Google ini selain menjadi ajang pertemuan para pengguna Google Cloud, juga menjadi ajang promosi dan pengenalan produk-produk serta testimoni kesuksesan banyak perusahaan besar, bergeser ke teknologi Cloud Computing.

Acara yang dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara ini dihadiri tak kurang dari 4000 orang dari berbagai perusahaan. Dalam keynote speechnya, Mr Rudiantara sangat mengharapkan Google lebih memperhatikan Indonesia lagi, khususnya mewujudkan operasional Google Cloud Region di Jakarta yang menurut rencana akan beroperasi tengah tahun depan (2020). Dalam keynote ini juga hadir para perwakilan customer Google Cloud terbesar di negeri ini, seperti Bukalapak, Gojek, BRI, Alfamart, RuangGuru dll.

Banyak teknologi baru dan pengalaman perusahaan-perusahaan besar dengan besar data yang sudah pada kapasitas Terabyte, yang bisa dipelajari dari Event tahunan ini bagi UPT TIK UNNES. Setidaknya ada teknologi baru dan pengalaman migrasinya yang paling menarik dari Google Cloud Summit 2019 ini:

  • Google Anthos, tool untuk mengelola hybrid cloud, yang bisa menjembatani penggunaan VM, Cloud beda Provider dan Baremetal
  • Google BigQuery dan Google Data Studio, tool untuk melakukan pengolahan database dengan besar data Terabyte berikut dengan bussiness intelegence dan machine learningnya
  • Google Cloud Run, tool untuk mengimplementasikan penggunakan teknologi Serverless