(024) 8508083

UPT TIK
Universitas Negeri Semarang
4 February 2020

Inilah LPTK Terbaik Versi Webometrics

Universitas Negeri Semarang menjadi salah satu dari 14 perguruan tinggi terbaik se Indonesia (dari total jumlah 2390 PT terdaftar di webometrics) dan peringkat pertama LPTK terbaik versi Webometrics.

Webometrics adalah sistem yang mengukur dan memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui website tersebut.

Perolehan ini didasarkan atas keberhasilan UNNES dalam memenuhi 4 indikator penilaian Webometrics, yaitu Presence merupakan jumlah halaman website dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Jumlah ini mewakili halaman situs perguruan tinggi yang aktif dan diperbarui. Visibility/ Impact rank merupakan jumlah eksternal link unik yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Termasuk jumlah file penelitian dengan format tertentu (*pdf, *doc, *ppt, *ps) yang online di bawah domain website universitas dan terindeks dalam Google Scholar,  openness/transparency indicator ini merupakan jumlah kutipan dari kurang lebih 110 penulis artikel teratas. Indikator keempat Excellence Rank merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi  karya sivitas akademika perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks pada jurnal yang memiliki reputasi international.

Pencapaian UNNES sebagai LPTK terbaik versi webometrics ini menggeser kedudukan Universitas Pendidikan Indonesia yang memperoleh predikat LPTK terbaik versi webometrics Juli 2019.

Berikut adalah daftar 30 besar Universitas se Indonesia versi webometrics (diakses pada 4 Februari 2020) :

sumber : https://www.webometrics.info/en/Asia_es/Indonesia 

(Akses pada 4 Februari 2020)