(024) 8508083

20 March 2019

Machine Learning, Why not?

Dalam era serba digital ini, segala data yang kita perlukan serasa mudah sekali kita dapatkan. Gawai yang kita gunakan itu pun tak lepas dari teknologi yang menerapkan machine learning. Banyak yang belum tahu apa itu pembelajaran mesin atau machine learning? Yaph, pada artikel ini akan kita kupas mengenai definisi, penggunaan, dan dampak dari adanya pembelajaran mesin itu, juga platform penyedia machine learning (tapi di post selanjutnya ya).
Perangkat komputer kita sebenarnya sudah pintar. Sejak pertama diciptakan, manusia telah memikirkan bagaimana komputer dapat belajar dari pengalaman.  Komputer bisa pintar karena diprogram menggunakan kode dan belajar sendiri dari data yang kita tulis dan masukkan secara explisit. Ini yang disebut dengan Machine Learning. Tanpa adanya data, komputer tidak dapat menerapkan machine learning. Oleh karena itu, jika kita mau belajar machine learning tentu yang menjadi bahan sehari-hari itu tentang data. Data bisa jadi sama, tetapi penerapan algoritma berbeda untuk mendapatkan hasil yang optimal. 
Machine learning adalah salah satu cabang dari disiplin ilmu Artificial Intellegence yang membahas mengenai pembangunan sistem berbasis data. Ada 3 hal pokok yang dipelajari dalam machine learning.

1. Supervised learning
  Secara umum kita gambarkan, misalnya kita memberi label pada sebuah data kita sendiri, nantinya kita tanya ulang atau kita panggil ulang
2. Unsupervised Learning
  Ada data dalam komputer, lalu kemudian komputer memisahkan data tersebut dan mengklaster sendiri.
3. Reinforcement learning
  Dalam hal ini suatu data memiliki agen atau lingkungan, dan dalam setiap alur didefinisikan setiap langkah, sehingga mempelajari setiap langkah tersebut berdasarkan titik yang benar. Seperti contoh misal kita berada dalam sebuah labirin, untuk sampai garis finis yang benar, tentunya kita akan mempelajari setiap titik yang kita lewati saat tersesat atau melaju terus.

Beberapa hal yang sering kita temui dan sudah menggunakan prinsip dari machine learning misalnya, penyaring pesan spam, sistem pada diagnosa medis, asisten pribadi seperti yang digunakan aplikasi Siri pada iOs atau Google Now pada Android, Hasil pencarian search engine, dan masih banyak yang lainnya. 
Pada postingan selanjutnya akan kita bahas mengenai contoh platform penyedia Machine Learning, stay tune yaaa…….